August 27, 2011

Mudik Lebaran - Pakde Karwo ke Australia, Gus Ipul ke Pasuruan


By on 6:36 AM

Mudik Lebaran - Pakde Karwo ke Australia, Gus Ipul ke Pasuruan

BAGI sebagian besar masyarakat Indonesia mudik sudah menjadi tradisi tiap kali memasuki libur lebaran. Tradisi bersilahturahmi dan saling kunjung ke sanak-saudara menjadi rutinitas semua pekerja migran untuk pulang kampung.

Mudik Lebaran - Pakde Karwo ke Australia, Gus Ipul ke Pasuruan
Pun demikian dengan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo, Red) dan Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul,Red) yang turut menjalankan tradisi mudik. Gubernur Jatim, Soekarwo memilih terbang ke Australia. Meskipun Gubernur dengan kumis tebal itu memiliki kampung halaman di Madiun. Di negeri kanguru itu, Pakde Karwo sapaan akrabnya, akan mengunjungi anak dan cucunya.

“Ndak, tahun ini saya tidak di Madiun. Saya mau nengok cucu dan anak di Australia, jadi mau Lebaran disana,” kata Pakde Karwo, Jumat (26/8).

Sambil mengumbar senyum, Pakde Karwo menuturkan sedang kangen dengan putri keduanya Karina Ayu Paramita. Karina sendiri menikah dengan Darren M.Misquitta yang berkebangsaan Australia. Karina memang baru saja melahirkan anak kedua, sehingga Pakde Karwo ingin benar mengunjungi cucunya tersebut.

Karena terbang ke Australia, praktis agenda open house di saat Idul Fitri ditiadakan. Selama ini, Gubernur dan Wagub selalu mengikuti salat Id di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya (MAS). Selesai salat Id, Gubernur dan Wagub akan menggelar open house di gedung negara Grahadi. Sehingga warga dan seluruh pejabat dapat beramah tamah dan bersalaman dengan Gubernur.

Sementara Pakde Karwo mengunjungi anak dan cucunya ke Australia, Gus Ipul sapaan akrab Syaifullah Yusuf memilih mudik ke Pasuruan. Namun, Gus Ipul tetap akan hadir pada Salat Id di MAS. Gus Ipul juga membuka pintu rumah dinasnya untuk open house sebagai ganti pelaksanaan open house di Gedung Grahadi.

Namun, Gus Ipul enggan menyebutnya sebagai open house. Melainkan sekedar halal bihalal lantaran Gubernur tidak hadir. Selesai mengikuti rangkaian acara lebaran di Surabaya, Gus Ipul baru bertolak menuju Pasuruan.

“Kampung halaman kan di Pasuruan, jadi memang beda dengan Pakde. Selain berlebaran di Surabaya, saya juga akan berlebaran di Pasuruan bersama keluarga besar saya,” ucapnya.

Tradisi mudik yang berbeda juga dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun. Di saat jutaan orang mudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur, Harun malah harus mudik menuju Ibu kota. Tetapi, diakuinya ada sebuah kenyamanan saat berada di Jakarta saat musim libur lebaran. “Saya mudik ke Jakarta, di Jakarta saat musim mudik sepi. Jadi berbeda dengan hari biasanya,” sahutnya.

Pada lebaran 2011 ini, masa libur pegawai dilingkungan Pemprov berlangsung selama 9 hari. Yakni mulai 27 Agustus-4 September 2011 dan akan masuk kembali pada Senin (5/9) mendatang.

Gubernur mengingatkan kepada seluruh PNS di jajaran Pemprov untuk tidak menambah libur pada hari pertama masuk kerja. Terlebih lagi, Gubernur akan melakukan inspeksi mendadak pada hari pertama masuk kerja. Kemudian, pada 6 September 2011,akan digelar acara halalbihalal dengan Gubernur dan Wagub.

“Pak Gubernur baru datang pada tanggal 4 September mendatang,dan besoknya Gubernur langsung melakukan sidak pertama kali PNS mulai masuk kerja,” kata Gunarto, Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Jatim.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 comments:

Post a Comment